Durian (di) Medan


Anda sudah pernah berkunjung ke Medan ? jika belum ….. banyak hal-hal unik  yang perlu anda ketahui ketika  berencana datang ke medan. Salah tiganya “DURIAN” ,bagi anda penggemar durian pasti tidak mau melewatkan untuk mencicipinya durian medan; bagi yang tidak belajarlah untuk menggemarinya…………….gak nyesal..lah !

Bila durian sedang panen raya dengan mudah anda menemukannya penjual durian di setiap sudut kota medan, momen ini seringkali digunakan masyarakat medan untuk berburu durian yang pasti harganya sesuai kantong…lah……..tidak terkecuali awak Masa panen raya biasanya diantara bulan Juli sampai dengan bulan september.

Saat panen raya berlalu dimana kita dapat dengan mudah menemukan buah durian ?……..ya sudah pasti di pohonnya…  lah……..he..he..he . Anda dapat menemukannya di daerah simpang pos Padang Bulan di sana ada beberapa penjual durian. Selain itu ada penjual-penjual durian yang sudah mendapat “potitioning” (awak ambil istilah Hermawan Kartajaya)  di pencinta durian dari luar kota medan; tempatnya menyebar di sudut-sudut kota medan salah satu yang awak tahu di Jl. Wahid Hasyim, Ucok durian.

Selanjutnya dari mana asal durian yang diperjual belikan di kota medan ? apakah dari perkebunan durian ? jawabnya  tidak ada perkebunan durian di medan, tapi tidak salah untuk memikirkannya. Anda berkeinginan menjadi salah satu investor ? Perkebunan yang ada hanyalah perkebunan tradisional yang ditanam untuk kebutuhan keluarga, untuk dinikmati sendiri atau dijual. Bahkan sebagian pemilik pohon durian tidak tahu sejarah pohon durian yang tumbuh di kebunnya.

Durian di kota medan berasal dari dua daerah pemasok utama. Pertama  berasal dari daerah sekitar kota medan biasanya bergantung dengan musim. kedua dari luar daerah kota medan baik dari daerah tingkat II  yang ada di sumatera utara maupun dari daerah propinsi tetangga sumatera utara seperti NAD dan Sumatera Barat. Pemasok dari luar kota medan ini yang biasanya memasok durian sepanjang tahun karena perbedaan musim yang ada di setiap daerah.

Ada dua cita rasa utama yang dapat ditemui saat menikmati durian yaitu  citarasa  pahit beralkohol dan citarasa manis. Durian dengan rasa pahit beralkohol biasanya paling dicari oleh penggemar durian, durian ini banyak berasal dari daerah Sidikalang desanya yang terkenal penghasil durian yaitu Parongil dan durian rasa manis kebanyakan berasal dari Kutacane, Aceh Tenggara.

Masing- masing daerah pemasok memiliki citarasa  durian yang berbeda yang memperkaya kualitas dan kuantitas “DURIAN MEDAN”. Bila anda berkunjung dan berkesempatan mecicipi durian medan tidak ada salahnya menanyakan dari mana asal durian yang anda dinikmati……………..paling-paling jawabannya ‘APA URUSANMU’ !  he…he..he

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s